Selasa, 16 Maret 2010

Cirebon Kembangkan Sembilan Komoditas

CIREBON, TRIBUN - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cirebon Haki mengatakan, selain kerajinan rotan dan batik, saat ini pihaknya sedang mengembangkan tujuh komoditas lain menjadi unggulan Kabupaten Cirebon. Ketujuh komoditas itu adalah batu alam, mebel kayu, produk olahan makanan, konveksi, sandal karet, makanan ringan dan kulit kerang.

"Kita itu sebenarnya punya sembilan komoditas unggulan, sayang baru kerajinan rotan dan batik saja yang paling menonjol, sementara yang lain masih belum terlihat," ujar Haki.

Karena itu, pihaknya akan memberi perhatian lebih kepada tujuh komodoti unggulan tersebut supaya bisa sejajar dengan kerajinan rotan dan batik. Seperti diketahui, kerajinan batik Cirebon selain menambah penghasilan asli daerah, juga mampu menyedot jumlah wisatawan ke Kabupaten Cirebon. Pasalnya, sentra kerajinan kain batik di Trusmi telah dijadikan kawasan wisata terpadu, belanja sekaligus belajar mengaplikasikan batik ke atas kain.

Sementara kerajinan rotan mampu menembus pasar ekspor. Malah sebagian besar industri kerajinan rotan yang ada di Kabupaten Cirebon difokuskan untuk pasar ekspor, sedangkan pasar dalam negeri hanya segelintir saja.

Menurut Haki, mebel kayu akan dikembangkan lebih cepat. Selain sudah cukup banyak diproduksi perajin, mebel kayu Kabupaten Cirebon juga memiliki ciri khas. Mebel kayu banyak dikembangkan di Desa Sindangmekar dan Cikeduk. (ww)

Unggulan Kab Cirebon
- Rotan
- Batik
- Batu alam
- Mebel kayu
- Produk olahan makanan
- Konveksi
- Sandal karet
- Makanan ringan
- Kulit kerang.

sumber :http://www.tribunjabar.co.id/read/artikel/17727/cirebon-kembangkan-sembilan-komoditas

2 komentar:

  1. Yupz...Dukung Pa HAki buat kemajuan kab. cirebon

    BalasHapus
  2. apakah makanan ringan khas cirebon sudah banyak sampai ke kota-kota besar seperti jakarta, bandung, surabaya, medan, dll ?? suwun

    BalasHapus