Rabu, 17 Maret 2010

INDUSTRI KREATIF CIREBON MILIKI POTENSI BESAR

Cirebon, 15/3/2009 (Kominfo-Newsroom) – Menteri Perdagangan Mari Elka Pangetsu menyatakan, kabupaten Cirebon, Jawa Barat memiliki potensi yang besar dalam pengembangan industri kreatif.

“Selain kriya, Cirebon juga dapat mengembangkan industri kulinernya yang cukup beragam dan unik, namun perlu dikembangkan misalnya dalam hal kemasannya,” kata Mendag di Cirebon, Sabtu (15/3).

Dalam kunjungan kerja selama dua hari di Cirebon, Mari yang didampingi jajaran pejabat Departemen Perdagangan meninjau beberapa industri dan pengrajin seperti rotan, batik rotan serta kerajinan tangan lain.

Cirebon menurut dia, selama ini dikenal sebagai daerah penggerak industri kreatif nasional dengan kemampuan menembus pasar ekspor di bidang kerajinan batik, rotan dan lukisan kaca.

Pada kesempatan itu pula Mendag beserta Walikota Cirebon, Sutadi melakukan penjualan lansung 'Minyakita' sebanyak 5000 liter dengan harga Rp6000 per liter di kecamatan kejaksaan Cirebon.

“Kami akan mengusahakan kestabilan harga. Kecenderungan kenaikan harga-harga bahan pokok sekarang ini akibat faktor eksternal, pemerintah hanya menjaga agar harga tidak bergejolak,” kata Mendag.

Untuk menjaga kestabilan harga, menurut dia, perlu adanya kordinasi antara instansi terkait seperti Depdag, Departemen Perhubungan, Departemen Pertanian, Departemen Dalam Negeri serta pemerintah daerah.(T.Dw/id)

Sumber : http://www.depkominfo.go.id/berita/bipnewsroom/industri-kreatif-cirebon-miliki-potensi-besar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar