Rabu, 17 Maret 2010

Tarling Cirebon Masih Disambut Meriah di Karawang

Pertunjukan Kesenian TarlingLemahabang (KarIn) – Kesenian Tarling meramaikan hajatan seorang warga di Sukamaju, Lemahabang pada senin 19 Oktober 2009 kemarin. Menampilkan artis Nunung Alvi, Grup Nada Ayu dari Cirebon itu membuat lokasi hajatan begitu ramai tidak hanya oleh para undangan namun juga oleh warga yang antusias menonton. Alhasil jalanan pun dibuat macet. Para pejabat, anggota dewan hingga bupati pun hadir dalam hajatan Bripda Rohman tersebut. Acara sendiri berlangsung dari pukul 21.00 – 00.00 WIB. Ditengah acara, sang biduan Nunung Alvi juga mempromosikan album terbarunya, sehingga otomatis sekaligus menjadi ajang promosi. Acara berlangsung dengan lancar, aman dan terkendali.

Sebagaimana perlu diketahui, kesenian tarling merupakan salah satu seni tradisional asal pesisir timur laut Jawa Barat (Indramayu, Cirebon dan sekitarnya). Sebagaimana yang dijelaskan di Wikipedia.Org, Tarling merupakan jenis kesenian berupa pertunjukan musik disertai drama pendek. Nama Tarling sendiri diambil dari singkatan dua alat musik dominan yakni gitar akustik dan suling. Dalam gelarannya, alat musik lain seperti perkusi, saron, kempul dan goong melengkapinya.Saat ini, seiring dengan desakan musik lain seperti dangdut misalnya membuat para seniman Tarling mengolaborasikannya dengan berbagai jenis musik diantaranya yang dominan adalah dangdut, sehingga muncul istilah Tarling-Dangdut.

Antusiasme warga Sukamaju dan sekitarnya dalam menyambut pertunjukan Tarling ini sekaligus menjadi sinyal bahwa Tarling dan kesenian lainnya masih mampu bersaing dengan seni modern lainnya yang saat ini lebih banyak digelar. Sebagaimana perlu diketahui juga, pagelaran Tarling dewasa ini khususnya di Karawang dari segi jumlah pertunjukan kalah dari pagelaran semacam organ dan musik modern lain, namun dari segi kualitas pertunjukan tidak kalah hebatnya. (Dede Tarja)

Kesenian Tarling

Aksi Panggung Nunung Alvi dan Grup Nada Ayu di Acara Hajatan Warga Sukamaju, Lemahabang Karawang, Senin Malam 19 Oktober 2009.

Nunung Alvi Tarling

Nunung Alvi berfose setelah tampil menghibur warga.

Sumber : http://www.karawanginfo.com/?p=5105

1 komentar: