MASIHKAH PRODUK KERAJINAN BISA BERSAING?
Yang pertama sekali adalah mengamati pangsa pasar yang masih memungkinkan untuk terus dipertahankan. Pangsa pasar kerajinan etnik sangat potensil dilingkungan daerah sendiri, karena pemahaman terhadap produk etnik biasanya akan sangat besar ditempat dimana produk tersebut dibuat. Pertahankan dengan melakukan peningkatan kualitas produk, promosi langsung kesasaran konsumen serta terus berupaya melakukan kontak langsung untuk mendapatkan keinginan konsumen.
Yang kedua adalah melakukan diversivikasi produk yang mengarah kepada produk yang berorientasi pasar. Sangat penting untuk mencoba menciptakan produk baru yang mengarah kepada produk fungsional, sehingga produk kerajinan kita akan menjadi produk pilihan konsumen.
Yang terakhir adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang latar belakang sejarah dari kerajinan yang kita buat. Buat ringkasan cerita tentang sejarah singkat produk tersebut, sebagai contoh buat sejarah singkat topeng cirebon untuk produk kerajinan Topeng dan begitu seterusnya untuk produk Lukisan Kaca. Ringkasan singkat cerita tersebut bisa ditempelkan dibagian belakang yang dapat dibaca oleh konsumen.
Ketiga opsi diatas, setidaknya akan membuat nilai lebih pada produk kerajinan etnik yang kita tawarkan ke konsumen. Jangan anggap remeh tentang peningkatan kualitas produk, karena hal ini dapat menjadikan konsumen menjadi kapok untuk membeli produk selnjutnya.
Sumber : http://lukisankacacirebon.blogspot.com/2010/02/masihkah-produk-kerajinan-bisa-bersaing.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar