Selasa, 16 Maret 2010

Farah Quinn ; Cirebon Mempunyai Makanan Unik

Kota yang menarik dengan makanan khasnya

Mau coba makanan unik ala kota Udang? Silahkan berkunjung ke Cirebon dan nikmati keindahan kotanya sambil wisata kuliner

Cirebon, Kabarindo - Siapa yang tak kenal dengan makanan khas cirebon seperti Nasi Jamblang, Nasi Lengko dan Empal Gentong yang begitu menggugah dan merangsang selera makan anda untuk mencicipinya. Ke tiga makanan khas Cirebon tersebut masing-masing mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri.

Nasi Jamblang misalnya, makanan yang satu ini di sajikan dengan menggunakan daun jati sebagai pembungkusnya sekaligus bisa di nikmati di atas daun jati tersebut. Dengan sajian lauk-pauk ala parasmanan yang tersaji, pengunjung bisa mengambil langsung lauk-pauk mana yang di suka.

Sementara nasi lengko adalah makanan yang sangat sederhana karena makanan yang satu ini di sajikan seperti makanan pada umumnya yakni menggunakan piring, hanya saja yang membuatnya berbeda adalah lauknya yang hanya terdiri dari tempe dan tahu goreng yang di potong dadu kemudian di tambahkan touge, irisan timun dan di berikan kecap secukupnya. Tentunya yang membuat makanan ini bertambah nikmat dan menjadi legenda adalah dengan bumbu kacang yang begitu sempurna di lidah. Ada juga sebagian orang yang menikmati nasi lengko ini dengan sate kambing muda.

Untuk makanan yang satu ini banyak sekali mengundang rasa penasaran orang yang ingin mencicipinya yaitu Empal Gentong. "Aku sangat terkesan dengan empal Gentong karena racikan bumbunya sangat unik dan di tambah lagi dengan cara memasaknya yang menggunakan gentong besar serta dimasak dengan menggunakan kayu bakar. Pertama aku mencoba empal gentong ini, aku langsung kagum dengan rasanya yang begitu fantastik. Dari rasanya begitu luar bisa, aku sendiri belum tentu bisa membuat empal gentong dengan rasa khas seperti ini. Banyak sudah makanan yang aku coba dan aku buat tapi benar-benar, empal gentong sangat-sangat berbeda dengan makanan yang pernah aku makan dan aku buat sebelumnya," tutur Cheaf Cantik Farah Quinn seorang gadis berdarah Palembang.

Farah sendiri mengaku sudah tiga kali mampir di kota Cirebon."Cirebon adalah salah satu kota yang aku suka. Mulai dari masakannya sampai dengan masyarakatnya yang ramah. Aku juga sempat singgah di beberapa tempat wisata di Cirebon seperti Gua Syunyaragi yang terdapat seperti ada candi-candi yang menjadi ciri khas motif batik cirebonan kemudian aku juga sempat singgah di Kraton kesepuhan dan beberapa tempat lainya. Cirebon sendiri buat aku adalah sebuah kota kecil yang menarik untuk di kunjungi,"tambah Farah.

Cirebon merupakan salah satu kota wali yang sering di kunjungi oleh wisata asing dan Domestik. Banyak para wisatawan mengunjungi Keraton kesepuhan, keraton kanoman dan berziarah ke makam Sunan Gunung Jati.

Berwisata dengan ongkos murah? Ya ke Cirebon aja.......

sumber : http://www.kabarindo.com/?act=dnews&no=4343

Tidak ada komentar:

Posting Komentar